Selasa, 18 September 2012

Trik Mencegah Installasi Otomatis


Saya sendiri sering melakukan kesalahan yang tidak saya sengaja, namun hal ini terus terjadi seperti tiba-tiba saja software yang saya tidak kenal tiba-tiba terinstall ke hard disk di komputer saya. Ini terjadi karena kurang telitinya saya dan kadangkala tidak sengaja kita sudah klik sesuatu yang mengharuskan software tertentu terinstall pada komputer kita.

Mungkin anda juga pernah mengalami hal yang sama seperti yang saya alami di atas, kadang tiba-tiba muncul popup yang menginginkan software tersebut di install dan secara tidak sengaja kita klik OK maka software tersebutpun dengan mudah terinstall di komputer anda, dan biasanya software yang terinstall sendiri itu diperoleh dari internet. Baik kalau itu merupakan software yang dibutuhkan, bagaimana kalau bukan software yang dibutuhkan melainkan virus, spyware atau gangguan internet lainnya bisa berantakan bukan ?

Memang sih trik ini tidak menjamin penuh keamanan namun apa salahnya kalau dicoba daripada tidak sama sekali, lebih baik mengurangi daripada tidak sama sekali bukan ?


Bila anda pengguna komputer publik mungkin anda tidak terpengaruh dan tidak ada manfaat artikel ini namun apabila anda menggunakan komputer pribadi dan untuk menjaganya tidak salah apabila anda juga mencobanya dengan trik yang satu ini mudah dan gratis koq...

Begini caranya, berhubung sistem operasi windows sudah memiliki security yang cukup sehingga kita memanfaatkan windows sebagai pelindung kita dalam menggunakan internet, dimana untuk melakukan installasi software pada sistem operasi windows dan yang berhak adalah seorang administrator.

Jadi untuk menghindari software yang diinstallasi tanpa ijin, kita tidak  boleh login pada windows menggunakan akun administrator pada saat menggunakan koneksi internet.

Buatkan satu akun baru dengan type akunya Limited, dengan akun inilah anda login saat menggunakan koneksi internet untuk menghindari software yang tidak sengaja terinstall ke hard drive.

demikian semoga bermanfaat...

1 komentar: