Selasa, 18 September 2012

Pengertian Istilah CTR CPC RPM Google Adsense


Pengertian Istilah CTR CPC RPM Google Adsense. Bergabung bersama google adsense menyenangkan memang, apalagi bagi blogger yang sudah sering menerima pembayaran dari google adsense, tentu sangat senang. Blog Belajar Ilmu Komputer sendiri belum terlalu populer di dunia adsense google namun sudah terbukti mendapatan Pembayaran dari Google Adsense, meski baru sekali dan sekarang akan mendapatkan pembayaran kedua karena total penghasilan sudah mencapai US$ 100.



Setiap kali melihat laporan penghasilan dari iklan yang ditayangkan di blog Belajar Komputer dan Internet ini, saya selalu menemukan istilah CTR, CPC dan RPM dalam laporan google adsense. Sebenarnya saya sendiri tidak pernah dan tidak begitu memperhatikan manfaat istilah tersebut, namun sekarang saya mencoba menyampaikan beberapa pengertian istilah yang selalu digunakan dalam laporan penghasilan google adsense, semoga istilah ini dapat memperjelas pengetahuan kita tentang google adsense.


1. CTR, CTR merupakan singkatan dari Click Through Rate. Istilah CTR digunakan untuk menghitung jumlah klik iklan dibagi dengan jumlah tayangan iklan. Jadi apabila iklan ditayangkan di sbuah webblog sebanyak 1500 kali dan mendapatkan klik 12 kali maka CTR-nya adalah 12/1500=0,008=0,8%


2. CPC, CPC adalah singkatan dari Cost Per Click (Biaya Per Klik). Istilah CPC digunakan untuk menghitung biaya per klik. Biaya per klik ini ditentukan sendiri oleh pengiklan, dan CPC untuk setiap pengiklan berbeda-beda, ada yang bersedia membayar lebih daripada pengiklan lain, tergantung pada apa yang diiklankan.


3. RPM, RPM disini bukannya Rotary Per Minute ya, kalo itu ma untuk menghitung seberapa putaran per menitnya. Sedangkan RPM untuk adsense adalah Revenue per thousands impressions. RPM untuk menghitung Perkiraan Laba dibagi Jumlah Tampilan dikali 1000. Rumusnya adalah RPM=Perkiraan Laba/Jumlah Tampil*1000.


Contoh : misalnya iklan di blog anda mendapatkan penghasilan $0,10 dari 500 tampilan halaman iklan, maka RPM iklan anda adalah RPM= (0,10/500)*1000=$2,00


Nah itu dia beberapa pengertian istilah dalam google adsense seperti CTR CPC dan RPM menurut pengetahuan saya. Apabila terdapat kekeliruan terhadap istilah di atas, mohon dikoreksi ya kawan, dan semoga istilah yang sering digunakan dalam adsense ini bermanfaat.

2 komentar:

  1. oke deh bos... jadi tanpa di klik orang jika rpm nya tinggi dapet bayaran juga ya bos,,, apa begitu bos...

    BalasHapus