Selasa, 18 September 2012

Tips Berbelanja Online Aman Terbaik


Toko online kian menjamur di dunia maya yang menjual berbagai produk dengan harga yang cukup murah. Banyak keuntungan yang didapat dengan belanja online melalui internet, namun banyak jugak kerugian yang dialami apabila pembeli tidak teliti sebelum membeli produk yang dijual online. Beberapa toko online yang sudah terpercaya, selalu mengirimkan barang pesanan konsumennya tepat waktu, namun ada yang tidak tepat waktu, bahkan ada yang tidak mengirim barang sama sekali sehingga sangat merugikan konsumen. Kenapa tren belanja online semakin digemari saat ini? hal ini karena banyak manfaat yang didapat dari berbelanja melalui toko online.

Kelebihan Berbelanja Online


Bagi sebagian orang, lebih memilih berbelanja online dibandingkan berbelanja langsung ke toko. Keuntungan belanja online adalah sebagai berikut.


Biaya Murah, karena tidak membutuhkan biaya transport untuk berbelanja.
Lebih Santai, karena untuk melihat-lihat barang belanjaan tidak perlu berdiri berlama-lama, hanya duduk dikursi empuk, bahkan sambil tiduran kita bisa memilih dan memilah barang yang dipajang dengan mudah.
Tidak berbatas waktu. Anda tidak terpengaruh dengan jam buka tutup toko, anda bisa belanja kapan saja dan dimana saja.
Hemat Waktu. Belanja langsung biasanya sangat menyita waktu, anda harus meninggalkan rutinitas untuk keperluan belanja. Dengan adanya toko onlinen, anda bisa berbelanja online disaat sedang istirahat atau bersantai.
Banyak Pilihan. Semakin banyak toko online, membuat kita semakin banyak pilihan untuk berbelanja, kita dengan mudah membandingkan produk dan harga antara toko online yang satu dengan toko online yang lainnya.
Transaksi Mudah. Transaksi jual beli online sangat mudah, hanya tiga langkah yang dilakukan yaitu Lihat, Pilih dan Bayar. Proses pembayaranpun sangat mudah karena proses transfer bisa dilakukan melalui berbagai bank ternama di Indonesia.
Kekurangan Belanja Online.


Meskipun banyak kelebihan yang didapat dengan belanja online, namun ada juga kekurangan serta krugian dalam berbelanja online, diantaranya adalah:
Sering Tertipu. Belanja online tidak lepas dari penipuan, bila salah dalam memilih toko online, bisa saja barang yang dipesan tidak bakal diterima.
Tidak Melihat langsung fisik barang. Kelemahan belanja online adalah fisik barang yang akan dibeli tidak dapat dilihat secara jelas maupun dicoba.
Waktu penerimaan barang lebih lama. Untuk belanja online, tidak sama dengan belanja langsung yang pada saat itu juga menerima barang pesanan, sedangkan belanja online, membutuhkan waktu pengiriman yang cukup lama hingga beberapa hari.
Barang tidak utuh saat diterima. Sering pembeli online mengalami masalah barang tidak utuh saat diterima, misalnya pecah atau rusak dalam perjalanan.


Itulah kelebihan dan kekurangan dalam berbelanja online, meski banyak untungnya tetapi ada juga ruginya, oleh karena itu blog Belajar Ilmu Komputer memberikan sedikit tips untuk menekan kerugian yang ditimbulkan dalam berbelanja online.


Tips Berbelanja Online Aman Terbaik


Sebelum berbelanja online anda perlu membaca tips berbelanja online untuk menekan kerugian yang dapat ditimbulkan. Telitih sebelum membeli, itu lebih baik daripada anda akan tertipu. Didunia maya banyak bertebaran toko online terpercaya namun ada juga toko online yang tidak bertanggung jawab, untuk itu berikut ini tips dalam berbelanja online dari blog Belajar Ilmu Komputer.
Caritahu kebenaran toko online yang anda kunjungi. Caranya dengan mencaritahu testimoni dari teman-teman anda maupun orang lain yang pernah berbelanja di toko online tersebut. Apakah toko online yang sedang anda kunjungi ini adalah toko online terpercaya dan aman untuk berbelanja.
Baca syarat dan ketentuan berbelanja di toko online yang dikunjungi, misalnya barang belanjaan yang dikirim disertai dengan biaya pengiriman atau tidak, bagaimana pertanggungjawaban barang apabila tidak utuh saat diterima dan lain sebagainya.
Baca deskripsi barang yang akan dibeli secara detail, setiap pajangan barang di toko online harus terdapat uraian atau detail barangnya.
Jasa Kurir. Perhatikan juga jasa kurir yang digunakan dalam pengiriman barang belanjaan. Apabila kurir yang digunakana adalah kurir yang tidak bertanggungjawab dalam mengirimkan barang, sebaiknya dihindari atau bahkan bisa meminta kepada pihak toko online agar mengirim melalui kurir lain.
Caritahu Cara Pembayaran. Apakah cara pembayaran mudah dilakukan, jangan sampai cara pembayaran dapat merepotkan anda sendiri.
Cek harga total secara manual menggunakan kalkulator atau aplikasi dikomputer anda untuk memastikan bahwa nilai yang tertera dalam total belanja adalah benar adanya.
Pasang Anti Virus yang memadai di komputer yang digunakan untuk berbelanja online.
Simpan bukti tranksaksi hingga barang diterima dalam keadaan baik.
Demikian Tips Berbelanja Online Aman Terbaik menurut blog Belajar Ilmu Komputer, semoga tips ini dapat membantu anda dalam berbelanja maupun bertransaksi online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar