Selasa, 18 September 2012

Belajar HTML untuk pemula


Sebelum memulai mempraktekan HTML ada baiknya kenal terlebih dahulu apa itu HTML.

HTML (HiperText Markup Language) adalah merupakan sebuah bahasa text yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web untuk menampilkan informasi-informasi ke sebuah software browser di internet seperti internet explorer, mozila firefox dan lainnya.

Memulai HTML

Software apakah yang digunakan untuk menulis bahasa HTML ? untuk menulis bahasa html biasa digunakan software bawaan windows yaitu notepad tetapi bisa juga menulis HTML pada Microsoft Front Page, DOS Edit.

Untuk membuat sebuah bahasa HTML pada notepad harus disimpan (save) dengan akhiran atau extensi html agar bisa dibaca oleh web browser, sebagai contoh latihan1.html.

Menjalankan HTML

Setelah membuat sebuah proyek HTML dengan cara mengetik pada notepad, selanjutnya HTML tersebut coba dijalankan dengan menggunakan sotware browser yang ada pada komputer anda, misalnya Internet Explorer yang merupakan bawaan windows, atau bisa juga dengan firefox, gunakan salah satunya.

Cara membuka file HTML

Jalankan wbe browser anda (IE atau firefox), jika menggunakan Internet Explorer, maka klik menu File kemudian pilih Open, selanjutnya cari file html yang barusan anda buat kemudian klik open. Apabila menggunakan firefox maka klik menu File kemudian pilih Open File, selanjutnya cari file html yang sudah dibuatkan tadi kemudian klik Open.

Itu adalah langkah-langkah dalam membuat bahasa html hingga menjalankannya pada web browser.

bentuk dasar dari html adalah :

<html>
<head>
<title>
Judul HTML pertamaku
</title>
</head>
<body>
body/isi HTML pertamaku.
</body>
</html>

Untuk mencoba sebuah proyek html anda yang baru, coba buka notepad kemudian ketikan kode di atas dan simpan (save) dengan nama file latihan1.html kemudian coba jalankan pada browser (Internet Explorer/Mozilla Firefox) di komputer anda.

Selamat mencoba

1 komentar: